teras depan

Wednesday, January 16, 2013

sate languan, santap siang ditengah perjalanan....


setelah santai sejenak di taman ujung, dalam perjalanan kami ke tirta gangga...akibat lapar yang tertahan. kami berhenti di sudut pasar kecil daerah padangkerta msih di wilayah karang asem sepertinya. kami akhirnya santap siang dengan seporsi sajian ikan laut. 






Sate languan, begitu kata salah satu kawan bilang. awal nya saya pikir sate languan adalah sate ikan yang ditusuk teman dari sate lilit, dan saya keliru. setelah cari tahu sana sini, akhirnya saya tahu kalo languan itu bukan anama masakan melainkan nama bahan dasarnya...ya languan adalah nama ikan. menurut informasi yang didapat languan adalah jenis ikan yang memang mudah di dapat di pesisir laut timur bali. languan adalah nama Bali dari ikan giant trevally (Caranx ignobilis). jadi kalau kita pesan sate languan artinya kita dapatkan sate tusuk, sate lilit, pepes, tipat (ketupat) dan sambal. menurut kawan saya di tempat lain sajiannya lebih komplit dengan sup ikan dan kadang ditemani kacang dan sayur plecing. walau tak jarang juga sate languan tidak dengan ikan Caranx ignobilis melainkan Tuna.
jujur saja saya kurang suka sate lilit jadi saya pesan sate tusuknya saja dan saya sampai nambah hahahahaha...rasanya enak sekali sampai salah satu rekan perjalanan mengangguk dengan semangat sambil melahap sate ketika saya bilang..edan sate ini enak...begitu juga pepesnya, berbeda dengan pepes yang sering saya makan ( saya terbiasa makan pepes jawa barat) pepes bali lebih pedas..dan saya suka sekali pepes ini ( duh apa sih yang saya ga suka, selama itu halal hahahaha). 
setelah habiskan dua porsi sate languan dan sebotol air mineral sepertinya kami siap lanjutkan perjalanan, dan seorangkawan ambil es nangkan dan es rujak. katanya sih yang nangka segar sekali dan rujak masam. istirahat cukup menyenangkan di tepi pasar kecil diangtara tumpukan anyaman bambu, sayangnya tak bisa berlama-lama kami harus lanjutkan perjalanan.




nikmat itu sederhana seperti seporsi sate languan disajikan diatas piring kaleng dinikmati di pasar yang sudah sepi...
 


rizekiraharja

No comments:

Post a Comment